Ini dia pilihan makanan bagi penderita diabetesBagikan

Penderita diabetes memiliki masalah dengan kadar gula darah. Menu makanan bagi pengidap diabetes sebaiknya rendah gula dan diberikan dalam takaran yang tepat.
makanan bagi penderita diabetes
faktagizi.com

Penyakit diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa dalam darah hingga melebihi batas normal. Diabetes bisa menyerang semua usia yang umumnya disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik serta gaya hidup yang tidak sehat.

Salah satu faktor yang paling penting dalam mengendalikan penyakit diabetes adalah mengatur pola makan. Makanan bagi penderita diabetes harus dibatasi kandungan gulanya. Tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi maknaan yang bisa melonjakkan kadar gula dalam darah.

Kebiasaan pola makan tidak hanya terkait dengan jenis makanan, namun juga jadwal makan serta takarannya. Ini dimaksudkan agar kadar gula darah tetap stabil, karena peningkatan kadar gula darah bisa menimbulkan penyakit kronis lainnya.

Lalu apa saja makanan yang tergolong aman? Berikut ini beberapa pilihan makanan bagi penderita diabetes:

  • Roti gandum
    Banyak orang menganggap kentang tergolong makanan sehat dan aman bagi penderita diabetes, padahal kentang adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi sehingga harus dihindari. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi roti gandum yang terbukti kaya akan serat dan nutrisi seperti omega-3, asam folat, magnesium dan chromium. Roti gandum aman dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti nasi, roti putih atau kentang.
  • Ikan
    Penderita diabetes juga disarankan mengonsumsi ikan seperti tuna, patin, salmon, mackarel dan hering. Ikan-ikan jenis itu mengandung banyak lemak omega-3 yang dapat melancarkan pembuluh arteri dan menghilangkan lemak jahat yang menempel. Namun sebaiknya ikan tidak digoreng, melainkan dimasak dengan cara dikukus, dipepes atau dibuat sup dan sebagainya.
  • Kacang-kacangan
    Semua jenis kacang-kacangan adalah makanan yang baik bagi penderita diabetes, karena mengandung omega-3, selain itu juga kaya akan serat, magnesium serta vitamin E. Tapi pastikan sebelum mengonsumsinya, kacang-kacangan tersebut tidak terlalu banyak mengandung gula dan garam.
  • Dada ayam
    Bagaimana jika penderita diabetes ingin makan daging ayam? Bisa, asalkan yang diambil adalah dada ayam. Dibandingkan bagian tubuh ayam lainnya, dada ayam termasuk rendah kalori dan lemak. Asalkan dada ayam tersebut tidak digoreng.
  • Buah-buahan
    Sebagian besar buah sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena buah mengandung gula alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. Beberapa buah yang baik dikonsumsi antara lain pepaya, belimbing, mengkudu, buah naga, jambu air serta apel hijau.
  • Sayuran
    Mengonsumsi sayuran sangat penting bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan sayuran banyak mengandung serat yang mampu mengontrol serta mengikat karbohidrat di dalam tubuh. Selain itu, sayuran juga kaya akan vitamin dan mineral terutama sayuran berdaun hijau. Sayuran yang dianjurkan antara lain bayam, kubis, brokoli, sawi hijau, selada, tauge, kangkung, kacang merah, buncis dan wortel.
  • Beras merah
    Beras merah lebih dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes daripada beras putih. Pasalnya beras merah mengandung karbohidrat yang jauh lebih sedikit daripada beras putih. Selain itu, beras merah juga banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan.
  • Ubi jalar
    Ubi jalar juga merupakan pilihan makanan yang aman bagi penderita diabetes. Ubi jalar dapat digunakan sebagai pengganti nasi atau kentang. Kandungan dalam ubi jalar yang dikenal sangat baik adalah HbA1c (hemoglobin terglikosilasi) yang berguna untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
  • Oat
    Membiasakan diri makan pagi dengan oat sangat baik bagi penderita diabetes maupun tidak. Oat memiliki tekstur seperti bubur yang lengket dengan rasa yang hambar. Namun dibalik itu, ternyata oat adalah makanan yang sangat sehat. Oat dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah dan kolesterol tetap normal. Selain kaya serat, oat juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B1, protein, magnesium dan fosfor.
  • Susu bebas lemak dan yoghurt
    Produk hewani lainnya yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah susu bebas lemak dan yoghurt. Jenis makanan ini kaya akan kalsium dan vitamin D yang berguna untuk menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan daya tahan insulin. Namun ingat, susu yang akan dikonsumsi harus bebas lemak dan bukan susu full cream.

Pernyataan penyangkalan (Disclaimer)
Seluruh informasi dalam website ini merupakan gambaran umum yang ditujukan sebagai pengetahuan. Bukan untuk diagnosis diri dan tidak bertujuan menggantikan diagnosis medis. Untuk mendapatkan nasehat medis silahkan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Baca selengkapnya »