Anda merokok? rajin-rajinlah minum es cincauBagikan

Es cincau memiliki kemampuan antioksidan yang dapat membantu menekan radikal bebas dalam tubuh perokok.
Es cincau
Wikipedia

Sudah bukan rahasia lagi bila kebiasaan merokok memicu sejumlah masalah kesehatan. Perokok berisiko lebih besar terkena penyakit jantung, kanker, hipertensi, diabetes, sampai obesitas.

Salah satu komponen paling berbahaya dari aktivitas merokok adalah asapnya. Asap rokok memicu pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang menjadi biangkerok kemunculan sejumlah penyakit.

Ada banyak hal yang harus dilakukan perokok untuk menjaga kesehatannya. Hal paling penting adalah berhenti merokok.

Apabila tidak bisa, kompensasikan dengan pola diet sehat. Salah satunya dengan diet vitamin C.  Dalam satu hari perokok membutuhkan asupan vitamin ini 35 gram lebih banyak dibanding non perokok.

Sebagai gambaran, setiap hari seorang pria dewasa membutuhkan 90 gram vitamin C. Untuk memenuhinya pria itu membutuhkan setidaknya 1 butir buah jeruk. Nah, pada perokok porsinya harus ditambah setengahnya lagi.

Hal lainnya, rajin-rajin minum es cincau!

Es cincau dibuat dari ekstrak daun cincau. Biasanya disajikan dengan tambahan santan dan gula. Rasanya manis menyegarkan. Dibalik kesegarannya ternyata es cincau kaya dengan antioksidan yang bisa menekan radikal bebas dalam tubuh.

Sebuah penelitian memaparkan bahwa kandungan senyawa aktif yang terdapat dalam daun cincau mampu menekan radikal bebas dalam tubuh. Uji coba dilakukan pada sejumlah pria dewasa perokok yang diberi diet cincau dalam bentuk jelly.

Hasilnya, radikal bebas dalam tubuh si perokok berkurang drastis.

Mengapa itu bisa terjadi?

Tingginya radikal bebas dalam tubuh perokok ditunjukkan dengan tingginya kadar malondialdehid (MDA).  MDA dihasilkan dari metabolisme asam lemak tak jenuh oleh radikal bebas. Semakin tinggi radikal bebas dalam tubuh seseorang, semakin tinggi pula MDA-nya.

Keberadaan MDA bisa ditekan dengan kehadiran antioksidan. Penelitian ini memastikan, peningkatan konsentrasi antioksidan akan diiukti dengan turunnya kadar MDA.

Penelitian dilakukan pada kelompok perokok pria dewasa dengan konsumsi rokok 5-14 batang per hari. Para perokok itu diminta mengonsumsi cincau setiap hari. Setelah hari ke-21 ternyata ada penurunan MDA secara signifikan dalam tubuh para perokok tersebut.

Jadi, bagi perokok yang ingin sehat ada baiknya banyak-banyak minum es cincau!

Pernyataan penyangkalan (Disclaimer)
Seluruh informasi dalam website ini merupakan gambaran umum yang ditujukan sebagai pengetahuan. Bukan untuk diagnosis diri dan tidak bertujuan menggantikan diagnosis medis. Untuk mendapatkan nasehat medis silahkan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Baca selengkapnya »