Cabe jawaBagikan

Cabe jawa (Piper retrofractum) termasuk jenis rempah masih satu keluarga dengan lada. Tanaman ini memiliki spektrum pengobatan yang luas.
Cabe jawa
faktagizi.com

Tanaman ini merupakan tumbuhan asli Indonesia, sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat. Di pedesaan sering dibudidayakan di pekarangan rumah.

Nama ilmiah cabe jawa adalah Piper retrofractum Vahl. Tanaman ini memiliki banyak sinonim, diantaranya Piper chaba Hunter, Piper longum Blume, Piper parvifolium Blanco, Chaciva officinarum Miq, dan Chaciva parvifolia Hassk. Berikut klasifikasi lengkapnya:1

Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Piperales
Suku : Piperaceae
Marga : Piper
Spesies : Piper retrofractum Vahl

Bentuk tanaman cabe jawa sama seperti sirih, merambat dan memanjat. Daunnya berwarna hijau, bentuknya lonjong dengan ujung meruncing. Buahnya memanjang seperti cabe, sewaktu muda berwarna hijau setelah tua berubah merah. Terdapat bintik-bintik di seluruh permukaan buahnya.

  1. Winarto, W.P. 2013. Sambung Nyawa, Budidaya dan Pemanfaatan untuk Obat. Penebar Swadaya, Depok. ISBN 979-489-751-5.

Pernyataan penyangkalan (Disclaimer)
Seluruh informasi dalam website ini merupakan gambaran umum yang ditujukan sebagai pengetahuan. Bukan untuk diagnosis diri dan tidak bertujuan menggantikan diagnosis medis. Untuk mendapatkan nasehat medis silahkan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Baca selengkapnya »