5 jenis buah lokal berkhasiat turunkan panas demamBagikan

Negeri kita memiliki beragam jenis buah-buahan. Beberapa diantaranya berkhasiat menurunkan panas demam.
Buah lokal
faktagizi.com

Tahukah kamu jika beberapa jenis buah-buahan memiliki khasiat sebagai penurun panas demam?

Buah-buahan segar biasanya memiliki kadar air yang cukup tinggi. Cairan dalam buah sangat diperlukan bagi orang yang sedang panas demam untuk mendinginkan tubuh.

Selain itu, buah-buahan juga biasanya memiliki kandungan vitamin C. Vitamin ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.

Negeri kita kaya dengan aneka jenis buah-buahan. Beberapa buah lokal yang sering kita jumpai memiliki khasiat sebagai penurun panas demam.

Bila kita terserang panas demam tidak ada salahnya mengonsumsi buah. Berikut beberapa jenis buah penurun panas demam:

1. Buah delima merah

Buah yang satu ini berkhasiat untuk menurunkan panas tubuh karena buah ini kaya akan kandungan air dan vitamin C. Biasanya dimanfaatkan untuk fase pemulihan dari sakit.

2. Kelapa muda

Buah kelapa

Cecep Risnandar

Air dari buah kelapa muda kaya dengan ion yang berkhasiat mencegah dehidrasi tubuh. Orang yang mengalami panas demam memerlukan cairan tubuh yang banyak untuk menjaga tubuh tetap dingin. Air kelapa muda efektif untuk menurunkan panas demam.

3. Buah melon

Buah melon

faktagizi.com

Buah melon memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Selain itu, kaya dengan vitamin E. Kadar air dan kandungan vitamin E dalam buah melon mampu menurunkan demam secara ampuh.

4. Mentimun

Mentimun

Titis Priyowidodo

Buah ini kadang dikelompokkan sebagai sayuran. Mentimun terkenal dengan kemampuannya mendinginkan perut. Buah mentimun memiliki kadar air tinggi. Selain dimakan langsung, mentimun bisa juga disajikan dalam bentuk es buah.

5. Buah pepaya

Buah pepaya, buah penurun panas demam

faktagizi.com

Buah pepaya merupakan buah tropis yang ketersediaannya melimpah. Harganya pun cukup murah dan mudah didapat. Pepaya memiliki kandungan beta karoten tinggi, buah ini manis dan bisa langsung disantap dalam keadaan segar.

Pepaya merupakan buah penurun panas yang efektif karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain penurun panas, pepaya juga efektif untuk mengobati sulit buang air besar.

Pernyataan penyangkalan (Disclaimer)
Seluruh informasi dalam website ini merupakan gambaran umum yang ditujukan sebagai pengetahuan. Bukan untuk diagnosis diri dan tidak bertujuan menggantikan diagnosis medis. Untuk mendapatkan nasehat medis silahkan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Baca selengkapnya »